PEMBALAJARAN AKTIF

Pembelajaran aktif merupakan metode pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk balajar secara aktif yaitu peserta didik sendiri yang mendominasi aktifitas pembelajaran.

Pembelajaran aktif dapat dimulai dengan penataan lingkungan secara fisik yang ditujukan agar dapan menciptakan perilaku-perilaku positif yang berimbas dengan peningkatan prestasi peserta didik.

Pembelajara aktif ini biasa dipakai dalam pendidikan di perguruan tinggi, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran andragogie.

Dalam pembelajaran andragogie berjalan dengan beberapa unsur :

  • Peran aktif
  • Materi yang berguna
  • Pembelajaran holistik
  • Pembelajaran multi-indra
  • Praktik dan penguatan
  • Feedback
  • Reward
  • Kegiatan belajar peserta

Dalam pembelajaran ini peserta didik ditempatkan sebagai pusat pembelajaran, yaitu dengan cara:

Peserta didik berada dalam pusat proses pembelajaran. Penekanan ini mengharuskan pendidik untuk merancang aktivitas2 pembelajaran dimana siswa memiliki tanggungjawab yang lebih besar terhadap pembelajarannya dan berinteraksi dengan yang lain selama mempelajari konten baru.

Pendidik membimbing pembelajaran pesdik dan mengintervensi hanya jika diperlukan untuk mencegah mereka salah jalan atau mengembangkan konsep yang salah.

Pendidik menekankan pemahaman yang mendalam tentang konten dan proses-proses yang terlibat di dalamnya.


Ada beberapa strategi untuk mengaktifkan peserta didik :

Pembelajaran Kooperatif

Merupakan istilah umum untuk sekumpulan strategi pengajaran yang dirancang untuk mendidik kerjasama kelompok dan interaksi antarsiswa.

Diskusi

Merupakan strategi pengajaran yang memanfaatkan interaksi guru-siswa dan siswa-siswa sebagai ‘kendaraan utama’ untuk mencapai tujuan pembelajaran tingkat tinggi.

Pembelajaran Berbasis Masalah

Strategi ini dirancang untuk mengajarkan skill-skill pemecahan masalah & penelitian.

0 Responses to "PEMBALAJARAN AKTIF"

Posting Komentar

KIRIM SMS GRATIS

Powered by Blogger